Home / unik / Suku Ini Bisa Hidup Diatas Air

Suku Ini Bisa Hidup Diatas Air

Suku Bajo, ialah salah satu suku yang ada di kabupaten Morowali, Sulteng yang mempunyai kebiasaan cukup unik. Selain terkenal sebagai nalayan yang tangguh, mereka juga suku pengembara yang telah menjalankan kehidupan mereka diatas air. Bahkan suku ini disebut juga dengan ‘gypsi laut’, lantaan mereka bisa bertahan hidup hanya diatas lautan. Hal tersebut adalah tradisi dari nenek moyang mereka yang di jaga secara turun-temurun selama lebih dari ratusan tahun. Keunikan seperti inilah yang telah membuat pemerintah setempat sangat tertarik untuk bisa menggelar Festival Bajo Pasakayyang 2015.

Festival ini rencananya dilaksanakan di 21 November 2015 dengan menawarkan sajian yang sangat menarik. “Dengan festival ini, di harapkan bisa menjadikan Morowali sebagai tempat event bahari level internasional, yang nantinya bakal dilaksanakan rutin setiap tahun,” ujar Wkil Bupati Morowali, S.U. Maruntduh.

Selain itu, Pemkab Morowali sangat berharap kegiatan seperti ini bisa mengangkat nilai perekonomian warga disekitar Menui Kepulauan, Bungku Selatan dan Bungku Pesisir. “Saya harap ekonomi kerakyatan didaerah ini bisa di gerakkan,” imbuhnya.

Sementara itu dari Kementrian Pariwisata, menyatakan kalau pihaknya sangat mendukung diadakannya acara semacam ini. Asisten Deputi Bidang Pengambangan Pasar, telah mengapresiasi langkah dari Pemkab Morowali untuk terus berusaha memlihara tradisi dari para leluhurnya.

About admin