Home / internasional / Sun Dogs, Membuat Geger Jagat Dunia Maya

Sun Dogs, Membuat Geger Jagat Dunia Maya

Sun Dogs, Membuat Geger Jagat Dunia Maya – Munculnya empat matahari di Kepulauan Riau yang terekam di video serta menyebar di sosial media jadi bahan perbincangan di beberapa group WhatsApp. Masyarakat dalam video yang disangka diambil di Kepulauan Riau ini tampak ramai melihat kejadian yang tidak biasa itu.

Buat mereka yang pemula, mungkin lihat ini menjadi satu tanda-tanda suatu yang tidak diharapkan. Akan tetapi, buat beberapa astrofisikawan, kejadian empat matahari itu dimaksud sun dogs atau parhelion. Sederhananya, kejadian ini akan menimbulkan sinar matahari penambahan.

“Sun dogs terbentuk saat sinar matahari tembus beberapa kumpulan lempeng kristal es berupa heksagonal yang tersusun dengan horisontal di awan tingi (awan cirrus). Pembiasan di kristal berikut yang membelokkan sinar dengan pojok minimum 22 derajat,” demikian tercatat situs skyandtelescope.com.

Mengapa kejadian ini langka? Sebenarnya sun dogs berlangsung cuma di dekat ufuk langit serta umumnya berlangsung dalam keadaan atmosferik yang begitu langka. Umumnya, ada keadaan yang begitu dingin di awan tinggi di seputar lokasi itu. Karenanya, kejadian ini jarang berlangsung, lebih di Indonesia.

Proses terbentuknya sun dogs atau parhelion ini sama juga dengan pembentukan pelangi. Kejadian optik ini memperlihatkan titik-titik jelas di langit, biasanya di cincin halo di seputar matahari yang pada akhirnya memunculkan ilusi optik buat mata kita. Sinar matahari penambahan berikut seperti anjing-anjing yang duduk di samping tuannya, matahari. Oleh karena itu kejadian parhelion dikatakan sebagai sun dogs.

Kejadian sun dogs umumnya membuat “dua matahari” saja yang tercipta di awan tinggi. Sedang dua “matahari” yang lain tercipta di hawa seputar. Keadaan negara ikut umumnya memengaruhi kejadian ini. Kejadian ini sempat berlangsung di Kazahkstan, Mongolia, serta Rusia.

Pertanyaannya, berbahayakah buat mata? Menurut situs skyandtelescope.com, kejadian ini tidak beresiko. Bahkan juga, jadi “makanan empuk” buat beberapa pencinta photografi. Lebih, jika kejadian sun dogs berlangsung bertepatan dengan parhelic circle, yang proses pembentukannya sama dengan kejadian empat matahari. Perbedaannya, jika sun dogs tembus kristal dengan tempat horisontal, parhelic circle tembus kristal yang ada pada tempat vertikal

About admin