Home / Berita Umum / Talud Sungai Code Yogya Ambrol, 19 Warga Terpaksa Mengungsi

Talud Sungai Code Yogya Ambrol, 19 Warga Terpaksa Mengungsi

Talud Sungai Code Yogya Ambrol, 19 Warga Terpaksa MengungsiĀ  – Talud di Sungai Code, Gondomanan, Kota Yogyakarta, ambrol. Mengakibatkan beberapa bangunan seperti MCK, Balai RW, serta tujuh rumah masyarakat di seputar tempat peristiwa rusak.

Admin Pusdalops BPBD Kota Yogyakarta, Suyatman, menuturkan momen ambrolnya talud di Sungai Code yang ada di Kampung Pawirodirjan, RT 59, RW 18,berlangsung pagi hari ini seputar jam 05.30 WIB. Terdaftar ada 19 masyarakat yang sangat terpaksa mengungsi sebab tempat tinggalnya rusak.

“Bangunan yang terdampak (talud ambrol) ada MCK, Balai RW ditempat, serta tujuh rumah masyarakat. Ada 7 KK terbagi dalam 19 orang yang perlu mengungsi ke tetangga sebab tempat tinggalnya rusak,” tuturnya waktu dihubungi, Kamis (5/12/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam momen ini. Akan tetapi talud selama 70 mtr. dengan ketinggian enam mtr. ambrol. Sebabnya sebab turunnya hujan di lokasi DIY, hingga volume Sungai Code bertambah.

“Kan saluran air di Code naik, selalu bawahnya tergerus, nah berlangsung longsor. Jadi memang bangunan itu (MCK serta Balai RW), tempat tinggalnya itu telah sangat minim (sungai), jaraknya cuma seputar satu mtr. dari sungai,” katanya.

Sebab jarak yang sangat minim itu yang mengakibatkan beberapa bangunan terdampak talud ambrol. Untuk mengatasi perihal ini, sambungnya, masyarakat ditempat memerlukan sekurang-kurangnya terpal, karung pasir, serta makanan untuk pengungsi.

“Ini sesaat kami baru persiapan pengiriman terpal. Baru persiapan ini ada tiga terpal sama tujuh permakanan yang kami sediakan. Selalu kami memulai menyiapkan pengiriman 200 karung pasir ke tempat,” tutupnya.

About admin