Home / kesehatan / Tekanan Darah Tinggi Yang Tak Bergejala

Tekanan Darah Tinggi Yang Tak Bergejala

Tekanan darah tinggi atau kerap dikenal dengan nama hipertensi adalah suatu penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Menurut sebuah penelitian Kesehatan Dasar 2013, ada 25,8 persen orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Sayangnya, sejumlah pasien yang tidak menyadarinya mengalami hipertensi.

Sekitar 60 persen yang tak sadar mereka mengalami tekanan darah tinggi. Dan lebih dari 80 persen di antaranya tak mengecek kondisi tekanan darah,” kata Dr. dr. Yuda Turana, SpS pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2016.

Yuda menjelaskan bahwa tekanan darah tinggi biasanya tak ada gejalanya. Sebab itulah tekanan darah tinggi kerap disebut pembunuh secara perlahan. Tekanan darah tinggi kerap kali baru diketahui saat sudah menyebabkan suatu komplikasi penyakit lainnya. Karena itulah tekanan darah tinggi ternyata todaklah menimbulkan gejala sebelumnya.

Katanya kan satu penyebabnya kerap kali mengalami pusing contohnya. Itu berarti sudah mengalami gangguan darah tinggi,” ujar Tunggul. Pencegahan utama, tambah Tunggul, dengan teratur cek tekanan darah serta melakukan gaya hidup yang sehat. Yang paling penting untuk mereka yang mempunyai faktor risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat ditimbulkan oleh banyak faktor, diantara nya adalah faktor gen serta pola hidup.

About admin