Home / kesehatan / Timbulnya Nyeri Pada Lutut

Timbulnya Nyeri Pada Lutut

Nyeri yang terjadi pada lutut dapat terjadi pada siapa saja, dimulai dari anak-anak hingga orang yang kesehatannya prima misalnya olahragawan. Mayoritas keluhan nyeri lutut memiliki sifat yang ringan serta cuma ditimbulkan karena otot-otot pada daerah lutut serta paha kurang terlatih, namun pada beberapa orang nyeri lutut dapat bersifat kronik serta mengganggu gerak kita.

Ini merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi ketika nyeri pada lutut yaitu diantaranya adalah cidera, Nyeri lutut yang disebabkan karena cidera biasanya terjadi sebab adanya gangguan pada komponen penyangga lutut, misalnya ligamen, tendon, tulang rawan, serta kantong cairan sendi.

Cidera atau robekan di sekitar ligamen bakal menimbulkan stabilisasi sendi mengalami masalah sehingga lutut akan merasakan nyeri. Cidera juga dapat dialami sebab terlalu banyak dipakai maupun tegang di area otot lutut,” ujar dr.Ade Sri Wahyuni, Sp.RM.

Gangguan  mekanis merupakan Salah satu masalah mekanis yang menimbulkan terjadinya  nyeri lutut yaitu iliotibal band syndrome (ITBS). Sindrom ini mayoritas terjadi pada atlet lari maupun pemain bola. Tak berfungsinya menisci, Menisci merupakan lapisan tipis tulang rawan yang memiliki bentuk seperti bulan sabit maupun cakram. Jaringan ikat ini menyerap mayoritas tekanan di anggota gerak bawah, akan tetapi bisa robek apabila mengalami tekanan yang begitu kuat pada lutut.

About admin