Home / Uncategorized / TNI AL Ungkap Penyelundupan Trenggiling Di Medan

TNI AL Ungkap Penyelundupan Trenggiling Di Medan

TNI AL Ungkap Penyelundupan Trenggiling Di Medan – Tim paduan Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal I serta Tim Libas Dinas Pengamanan TNI Angkatan Laut mengamankan 1 ton trenggiling di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Gagasannya, trenggiling itu bakal diselundupkan ke Malaysia.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal I Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga menyebutkan penggagalan penyelundupan ini berlangsung tepatnya di lokasi pergudangan di Jalan Yos Sudarso, Medan Belawan, Senin (12/6).

” Kita sudah melakukan penyelidikan serta pengintaian di tempat lokasi gudang itu. Tim meyakinkan benar ada aktivitas penyelundupan trenggiling ilegal, ” kata Sahala dalam keterangannya, Selasa (13/6/2017).

Dia menjelaskan, trenggiling itu di ambil dari lokasi Binjai, Langkat, serta Jambi lewat jalur laut serta bakal diselundupkan ke Malaysia.

Sesudah lihat ada aktivitas itu, petugas TNI AL lalu lakukan penggerebekan di tempat itu. Dalam penggerebekan, pernah ada perlawanan dari sebagian pekerja dengan mengunci pintu gudang dari dalam.

” Tetapi, tim sukses masuk dengan mendobrak pintu gudang itu serta temukan trenggiling hidup sejumlah 199 ekor. Trenggiling mati 24 ekor, kulit trenggiling basah 5 karung besar, kulit trenggiling kering 4 karung besar. Keseluruhan keseluruhnya 223 ekor plus 5 kulit basah serta 4 kulit kering, beratnya sekitaran satu ton, ” jelas Sahala.

Dari penggerebekan itu, lanjut Sahala, pihaknya mengamankan dua pelaku yang diduga pekerja usaha ilegal yaitu berinisial S (43) serta E (43).

” Berdasar pada info pelaku, trenggiling itu bakal diselundupkan ke Malaysia lewat jalur laut serta di Malaysia kulit trenggiling itu bakal di proses jadi bahan narkotika type sabu. Sesudah olahan itu jadi sabu lantas bakal di kirim kembali pada Indonesia, ” terangnya.

” Dari info pelaku keseluruhan hasil keseluruhnya barang tangkapan ini bila ditotalkan ke rupiah sejumlah Rp 2, 5 miliar. Sekarang ini tanda bukti serta ke-2 pelaku sudah diamankan di Pomal Lantamal I serta disuruhi info manfaat penyelidikan serta pengembangan dalam mencari sindikat pelaku, ” lebih Sahala.

About admin