Home / indonesia / TNI AU Usir Pesawat Asing

TNI AU Usir Pesawat Asing

2 pesawat tempur yakni jenis Sukhoi milik TNI AU telah mengusir sebuah pesawat asing yang telah masuk ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di sebelah utara Provinsi Kepri. “1 pesawat yang berjenis jet tadi telah masuk ke dalam wilayah kita. 2 Sukhoi yang tengah berada di Hang Dim kemudian langsung melakukan misi pengejaran,” ujar Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya selaku Komandan Lanud Tanjungpinang di Hang Ding, Batam.

Dia menyatakan, kalau untuk saat ini pihak TNI AU sedang menyiagakan 4 pesawat Sukhoi yang berjenis SU-27 serta SU-30 di Batam, untuk bisa segera melakukan kegiatan operasi pengamanan secara rutin di wilayah udara NKRI. Walaupun yang telah di siagakan hanya 4 pesawat, ujar dia, bila di butuhkan, bakal di lakukan penambahan sesuai dengan kebutuhan untuk bisa melakukan pengamanan wilayah udara.

“Jadi ketika ada sebuah informasi telah ada sebuah pesawat yang tidak di kelan tersebut, langsung di lakukan pengejaran dari sini (Batam). Kebetulan memang sekarang ini sedang di siagakan pesawat tempur di Nadim,” Ujar dia.

Dia mengutarakan kalau pihaknya masih menunggu informasi dari pilot Sukhoi untuk bisa memastikan pesawat yang tengah melakukan pelanggaran serta proses pengusiran. “Kami masih menunggu untuk saat ini dari data detailnya peaswat berjenis apa serta mau kemana dia,” tandasnya

About admin