Home / kesehatan / Untung Rugi Mengonsumsi Makanan Pedas

Untung Rugi Mengonsumsi Makanan Pedas

Untung Rugi Mengonsumsi Makanan Pedas – Rasa pedas tak bisa dihindarkan dari makanan khas Indonesia. Di mana cita rasa makanan Indonesia terkenal kaya akan bumbu dan rasa pedasnya. Makan tanpa sambal dirasa kurang lengkap, itulah ungkapan sebagian orang Indonesia. Berbagai macam sambal tersedia di negeri tercinta kita ini. Mulai dari sambal mattah, dabu – dabu, bawang, tomat, hingga sambal terasi.

Makanan bercita rasa pedas memang enak dan menggoyangkan lidah. Namun, dibalik rasa enaknya tersebut ada manfaat dan kerugian yang harus kita ketahui. Diantara manfaat dan kerugian tersebut adalah :

  1. Dapat membantu meredakan flu. Cabai atau merica menghasilkan rasa pedas yang dipercaya dapat membantu meredakan flu karena ada kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Selain itu ada juga anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab flu.
  2. Dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara mempercepat detak jantung dan suhu tubuh. Rasa pedas juga bisa menambah nafsu makan dan membantu mempertahankan berat badan ideal.
  3. Dapat memicu buang air besar. Rasa pedas akan bereaksi memicu pergerakan pada usus, sehingga cabai juga bisa disebut sebagai obat pencahar alami.
  4. Dapat menumpulkan indra perasa. Selain bermanfaat, rasa pedas juga menimbulkan kerugian, yaitu membuat lidah tidak lagi peka dengan rasa makanan.

Tetap batasi konsumsi cabai agar kesehatan tetap terjaga dan dapat mengambil manfaat cabai tanpa harus merugikan tubuh kita.

About admin