Viral, Video Harimau Berkeliaran Di Ladang Minyak Riau

Viral, Video Harimau Berkeliaran Di Ladang Minyak Riau – Video seekor harimau yang tengah berkeliaran dalam suatu lokasi ladang minyak di Kabupaten Siak, Riau, tersebar luas. Rekaman video amatir itu menunjukkan harimau itu lari di pinggir jalan raya seputar lokasi itu.

Dalam video berdurasi 1 menit 19 detik itu, harimau itu sebelumnya lari di pinggir jalan raya selanjutnya melintas mengarah perbukitan serta masuk ke rimba. Video itu terlihat direkam dari dalam mobil.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung memberi respon video viral itu. Mereka menerjunkan team untuk mencari kehadiran harimau itu.

“Dengan beredarnya video penampakan harimau itu, kita sekarang telah membuat team untuk mencari keberadaannya di Kecamatan Minas di ladang minyak,” kata Kepala Bagian Daerah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro waktu diminta konfirmasi.

Heru menjelaskan faksinya akan bekerjasama dengan perusahaan daya yang disebut jadi tempat kehadiran harimau itu. Dia mengatakan BBKSDA Riau telah mempersiapkan beberapa alat untuk amankan harimau.

“Kita telah siapkan beberapa perlengkapan, ada kerangkeng, senjata penembakan bius. Team telah kita pergerakan ke arah ke tempat,” tuturnya.

Menurut Heru, tempat di lokasi itu memang adalah perlintasan harimau. Karena, lokasi itu dijepit empat ruang konservasi. Tetapi, lanjut ia, ini pertama-tama harimau kelihatan masuk ke lokasi ladang minyak itu.

“Jika lihat peta konservasi yang ada, wilayah itu memang daerah jelajah harimau. Seringkali camera trap yang kita pasang sudah pernah terekam di lokasi konservasi di sekitaran itu,” kata Heru.