Home / internasional / Makkah Setelah Ditinggal Jemaah Indonesia

Makkah Setelah Ditinggal Jemaah Indonesia

Makkah berangsur sepi setelah di tinggal oleh para jemaah haji dari penjuru dunia. Jumlah dari jemaah haji tanah air yang telah meninggalkan kota Makkah sudah lebih dari separuh. “Total ada 100.562 jemaah yang meninggalkan Mekkah. Mereka pulang ke Indonesia sebanyak 62.894 orang dan juga yang ke Madinah sebanyak 37.668,” ujar Arsyad Hidayat selaku kepala daker Makkah.

Suasana di makkah juga kembali ke awal musim haji, sepi dan lengang. Tidak ada klakson yang saling bersahutan tiada henti maupun bus yang berukuran besar yang di parkir di pinggir jalan raya. Mobil dijalan raya dapat melaju dengan kencang, kalaupun sedikit ramai terseut hanya jalan yang ada didekat oleh0oleh seperti di kawasan Aziziyah serta Ja’fariyah.

Berbagai hotel yang jaraknya cukup jauh dari Masjidil Haram pun telah ada yang kosong di tinggal penyewanya. Hiruk pikuk dari terminal bus ketika selesai Shalat Subuh dan selesai Shalat Isya’ sudah tak tampak lagi.

Beberapa diantara para jemaah terlihat tak dapat menyembunyikan rasa kesediahnnya lantaran mereka tengah melakukan thawaf wada atau thawaf perpisahan. Menurut tuntutan dari Rasulullah, para jemaah haji di sunahkan untukbisa melakukan thawaf wada di Masjidil Haram mereka kembali ke tanah kelahiran masing-masing.

About admin